"Selamat Datang Di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kalibanger Kota Pekalongan" *SELAMAT DATANG DI MADRASAH ALIYAH (MA) SALAFIYAH KALIBANGER KOTA PEKALONGAN*

Minggu, 04 April 2010

Ketrampilan Otomotif

KETERAMPILAN OTOMOTIF : 
INOVASI PEMBELAJARAN MA SALAFIYAH
MA Salafiyah atau yang biasa dikenal dengan sebutan “MAS”, merupakan madrasah  sederajat dengan SMA dan SMK. Di sini banyak  ilmu yang dapat dijumpai dan bisa dipelajari, seperti ilmu umum, agama, maupun Skill Life, bekal bagi masa depan yaitu ilmu keterampilan. Wahhhh…plit plit plit super komplit.
Madrasah yang berlokasi di jalan Purnasari No. 100 Kalibanger Pekalongan ini, memang dari segi tempat sederhana, namun jangan salah.Iilmu yang diajarkan sangat bermutu serta bermanfaat , mulai dari ilmu yang berguna di dunia sampai dengan akhirat, luar biasa bukan?
Memang  jurusan di MA Salafiyah hanya IPA & IPS, tetapi walaupun demikian jangan khawatir karena MAS juga mengajarkan pelajaran tambahan diluar jam regular  atau sering disebut Ekstrakurikuler. Tetapi kegiatan ekstrakurikuler di sini berbeda dengan yang ada di sekolah lain. Kegiatan keterampilan di sini diberikan secar intensif dan terprogram. Dengan adanya kegiatan ini tentunya semakin menambah bekal ilmu bagi siswa. Apalagi jika dimanfaatkan sebaik mungkin, lagi pula bisa dijadikan sebagai ajang asah minat bakat atau itung- itung nambah daftar pengalaman.
Untuk pelajaran tambahan di MA Salafiyah, kegiatan yang diadakan menyesuaikan dengan minat siswa, saat ini kegiatan ekstrakurikuler  di MAS meliputi pramuka, kompuer atau TIK bagi yang ingin belajar berteman bareng dunia maya serta terjun pada canggihnya teknologi modern, ada juga ekstra sablon, keterampilan menjahit dan gak kalah serunya Tae Kwondo  juga ada, ekstra ini sangat penting karena setiap orang pasti membutuhkan keamanan dan tidak selamanya harus bergantung kepada orang lain atas keselamatan diri.
Nah…pada tahun ini, tahun ajaran 2011/2012 MAS mulai merintis ekstrakurikuler baru bagi para siswanya, antara lain silat, jurnakistik dan otomotif. Uiihh…keren bener!!! Kira- kira kenapa ya?? MAS merintis ekstra- ekstra tersebut?? Apalagi otomotif, pasti butuh keberanian penuh bagi bpk ibu guru untuk merintisnya. Langsung aja yuk,  kita denger penuturan dari Bpk Wimbadi Eko Yuwono, S.Pd, salah satu  guru yang  bertanggung jawab  dalam membidani perilisan ekstra otomotif ini.
“Salah satu perwujudan dari inovasi pembelajaran di MA Salafiyah adalah Program Keterampilan Otomotif. Meskipun sebagai langkah awal program ini masih bertajuk kegiatan ekstrakurikuler, namun dalam pelaksanaannya didesain sebagaimana mapel mulok, jadi ada kurikulum dan silabusnya yang diadopsi dari kurikulum SMK. Program  otomotif ini diberikan kepada siswa secara intensif dalam kurun waktu dua tahun dan diampu pleh guru yang berkompeten di bidangnya. Materi pembelajaran pada dasarnya terbagi menjadi  tiga bagian, yaitu: Engine (Mesin), Elektric (Listrik), dan Chassis (Rangka). Perlu diketahui, bahwa program otomotif ini masih menggunakan materi kendaraan roda dua, insyaallah apabila program ini dapat berkembang bagus tentu akan mampu untuk menggunakan materi kendaraan roda empat (mobil). Mengapa  kok memilih Otomotif ? Tentunya ide mengadakan program ini tidak muncul begitu saja tanpa alasan yang jelas.Program ini merupakan hasil analisis dan evaluasi kegiatan PPD dari tahun ke tahun. Selain itu dari pengamatan terhadap perkembangan dan perubahan situasi social yang terjadi di masyarakat maupun dalam dunia pendidikan, maka MA Salafiyah dipandang perlu melakukan pembaharuan dalam kegiatan belajar mengajar, serta beberapa perubahan strategi dalam PPDB. Hingga pada akhirnya lahirlah beberapa program keterampilan yang baru termasuk program otomotif ini. Jadi harapan saya, segenap siswa MA Salafiyah hendaknya dapat memanfaatkan kesempatan untuk memperoleh keterampilan ini dengan sebaik-baiknya. Dan yang lebih penting lagi tumbuhkan semangat dan motivasi untuk dapat berbuat dan menghasilkan sesuatu yang berguna, hari ini, esok. atau lusa dengan lebih baik lagi. Masa depan kalian tergantung pada diri kalian sendiri. Allah tidak akan mengubah nasib seseorang bila seseorang itu tdak mau berusaha untuk mengubahnya”.
Nah, jelaskan apa yang disampaikan oleh Bapak Wimbadi tadi?  Okey guys, marilah kita sama-sama berlomba untuk dapat meraih kesuksesan di MA Salafiyah sebagai modal kita nanti membangun masa depan. Mari kita sama-sama berjuang menegakkan dan membesarkan  nama MA Salafiyah. Banyak cara yang daqpat kita lakukan, termasuk mengajak rekan-rekan kita yang lain yang belum memperoleh kesempatan melanjutkan pendidikan untuk bergabung dengan kita di sini, di MA Salafiyah tercinta. ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MA Salafiyah Pekalongan Jaya